Sabtu, 21 Mei 2011

Sepeda Fixie

Mungkin sebagian dari teman-teman sudah tahu atau pernah dengar Sepeda Fixie, kalau saya sih jujur saja baru tahu sepeda fixie belum lama ini karena setiap sore saya sering lihat di komplek banyak anak-anak yang bermain sepeda tapi bannya gedhe dan warnanya ngejreng. Maka dari itu saya cari tau naman sepeda tersebut ,ternyata sepeda fixie.


Yups, beberapa waktu belakangan ini, sepeda fixie memang benar-benar lagi hot trend di kalangan para anak-anak muda sekarang. Jangan ditanya alasannya apa itu cuman lifestyle/gaya hidup semata atau emang mereka doyan sama sepeda yang simple dan merepotkan itu. Yang jelas perlahan tapi pasti sepeda fixie mulai terdengar gaungnya di permukaan.

Disebut Sepeda Fixie karena fixed gear. Artinya, gear belakangnya itu fixed, tidak dinamis. Jadi kita tidak bisa lepas ke belakang. Kalo ke belakang yang ada sepedanya jadi jalan mundur. Inilah letak keunikannya disamping tidak ada rem. Ban sepeda Fixie juga tipis, sehingga ringan ketika di genjot. dan yang lain menarik pada bagian stang. Dimana stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat dengan tegak lurus. Minimalis disain menjadi ciri sepeda single speed ini. Remnya adalah kekuatan kaki kita untuk menahan pedal yang selalu berputar ke depan.

Cara mendapatkan Sepeda Fixie :

Kalo teman-teman punya budget yang berlebih, anda bisa beli jadi sepeda fixie, itung2 menghemat waktu dan tenaga. Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 3.5 juta keatas. Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang trend.

Tapi anda memang ingin mendapatkan sepeda fixie yang bener2 pas dihati, anda bisa ngerakit sendiri biarpun jauh lebih repot dari beli jadi yang penting hati puas. Caranya beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri atau bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.

Modifikasi Frame sepeda lama ke Fixie :

Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyanggah roda belakang yang ada. Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.

Bila sepeda lama anda ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang. Tetapi apabila masih bingung untuk memodifikasinya, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda anda dapat dipakai untuk Fixie atau tidak.

Warna ban speda fixie :

Mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga akan terlihat lebih matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hyrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 - 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, ban tanpa merek bisa dibeli hanya seharga puluhan ribu saja. Tapi untuk model bermerek terkenal harganya bisa melambung diatas 125 ribu dari produk CST tipe Wireband.

Headset sepeda Fixie :

Salah satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork/garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya menggunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu.

Bagian Rim atau Velg sepeda Fixie :


Ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang trend adalah velg lebar. Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan roda belakang dengan merek yang berkualitas.

Sparepart crank Fixie :


Namanya sepeda kalangan muda. tidak terikat dengan pabrikan atau merek. Semua suka-suka,dan dikabarkan dari mulut ke mulut atau melalui komunitas Fixie. Hunting komponen merupakan ritual dari komunitas sepeda Fixie. Salah satu sparepart yang suka dicari seperti Crank merek Sugino 48 gigi, hanya dijual 250 ribu. Crank tersebut banyak dipakai oleh pencinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena dibuat dengan bahan aluminium. Yang lain dapat mengunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya mengunakan ring utama saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar